Pages

14 Desember 2014

DI KESMAS SAYA AKAN …



DI KESMAS SAYA AKAN … 



Public Health (kesehatan masyarakat) merupakan salah satu dari profesi tenaga kesehatan yang memiliki peranan penting dalam pembangunan kesehatan. Namun tidak semua orang tahu profesi seorang kesehatan masyarakat (KESMAS) di lapangan, karena masyarakat kita terbiasa melihat tenaga medis sebagai tenaga kuratif atau lebih dikenal seperti dokter, bidan, dan perawat. Padahal apabila kita ketahui peranan dan fungsi seorang KESMAS itu sangat luar biasa, jika biasanya seorang dokter mengobati seorang yang sakit, maka tugas seorang KESMAS adalah menjaga agar masyarakat tetap sehat dengan terus mengupayakan terbentuknya budaya dan prilaku hidup sehat melalui program kesehatan masyarakat yang berpradigma sehat.

Maka dari itu, Ruang lingkup seorang kesmas pun lebih luas, tidak hanya berhubungan dengan ilmu kedokteran secara umum saja, tapi juga ilmu social, khususnya tentang budaya dan penyakit yang biasanya ada pada masyarakat. Karena ilmu yang luas itulah, tentu yang akan pertama kali saya lakukan di kesmas ini adalah beljara mendalami ilmu dan teori2 lebih dulu, saya juga akan mengikuti dan aktif dalam organisasi sebagai bekal saya nantinya untuk belajar berkomunikasi secara efekyif dan bergaul dengan orang lain, belajar untuk disiplin dan membagi waktu, serta beljaar etika yang baik danbenar.

Selain itu, sebagai seorang mahasiswa kesmas, saya nanti akan belajar bagaimana caraaya langsung terjun ke masyarakat memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang pentingnya kesehatan sebagai upaya meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjaga kesehatan melalui kesadaran yang lebih tinggi pada pentingnya pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif. Tentu tugas seperti ini tidaklah mudah, maka dari itu, usaha yang sungguh2 lah yang pasti dapat mewujudkan itusemua, saya akan berusaha untuk itu.untuk menjdi tenga kesmas yang handal, saya haruslah lebih banyak beljaar mengenai penguasaan teknik2 lingkungan dan pemberatnsan penykit. Saya nanti akan lebih banyak beljaar tidak hanya dari dosen, tapijuga dengan kaka tingkat yang lebih senior baik nantinya melallui organisasi atapun pada saat mentoring

Seperti yang kita ketahui, untuk meningkatkan kemandirian dan peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan diperlukan program penyuluhan dan pendidikan masyarakat yang berjenjang dan berkesinambungan sehingga dicapai tingkatan kemandirian masyarkat dalam pembangunan kesehatan.maka dari itu, saya dan beberaa teman saya berniat untuk membuat suatu akun promkes dan pendidikan mengenai kesehatan di media social dimana sesuai dengan jaman globalisasi sekarang, maka langkah tersebut dinilai akan lebih efektif dan ‘mengena’ khususnya pada remaja.

Dan karena saya masih sangat baru di bidang ini, tentu tidak banyak yang dapat saya lakukan,mengingat keterbatasan ilmu dan wawasan serta pengalaman yang saya punya, maka dariitu, focus saya untuk di kesmas ini adalah terus menggali ilmu dan pengalaman, baik itu dengan berorganisasi atau bahkan langsung terjun ke masyarakat .




0 komentar:

Posting Komentar