Pages

17 Desember 2014

PROPOSAL PKM KEWIRAUSAHAAN : TUDUNG SAJI KARYA DALANG (DAUR ULANG)



PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 

BIDANG KEGIATAN: 
PKM KEWIRAUSAHAAN 

JUDUL PROGRAM :

TUDUNG SAJI PLASTIK
KARYA DALANG (DAUR ULANG) 


Diusulkan Oleh: 

M. Idham Azhari ( I1A114035 )

Ahmad Saidi ( I1A114227 ) 

Febry Alberto ( I1A114234 ) 

Theressia Villa A. ( I1A114095 ) 

Nur Ainah ( I1A114047 ) 

Sasikarani ( I1A114090 ) 

Gusti Arnia Nurvira ( I1A114016 ) 

Dina Aulia ( I1A114008 ) 

9. Lini ( I1A114029 ) 



UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT 
FAKULTAS KEDIKTERAN 
PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT 
BANJARBARU 

2014 





RINGKASAN 

Sampah semakin banyak ditemukan di Indonesia, terutama sampah plastik. Plastik memerlukan waktu yang lama untuk dapat terurai. Oleh sebab itu, sampah plastik ini dapat di daur ulang menjadi sebuah barang yang bermanfaat. Jika sampah plastik tersebut dapat dijadikan sebuah barang yang bermanfaat tentunya dapat menurunkan sebuah masalah tentang pencemaran lingkungan, terutama masalah banyaknya sampah plastik yang berhamburan seperti tidak ada harganya. Sebenarnya hal yang dianggap kebanyakan orang tidak berharga tersebut, padahal dapat menjadi sebuah peluang usaha yang besar jika kita dapat berpikir kreatif dalam menciptakan sebuah karya cipta. Dengan harga yang murah dan bahan yang sangat mudah dicari dapat memudahkan seseorang dalam membuka peluang usaha. Dalam hal ini, kami mencoba untuk menawarkan kepada masyarakat tentang salah satu pemanfaatan barang bekas yang dijadikan sebagai barang yang berguna bagi masyarakat. Disini kami menawarkan barang yang berupa sebuah tudung saji yang terbuat dari gelas aqua plastik. Barang ini akan kami buat semenarik mungkin agar banyak konsumen yang tertarik untuk membelinya. Kami membuat barang daur ulang ini dikarenakan gelas aqua plastik ini sering dibuang sembarangan, maka kami harap barang yang kami buat dari daur ulang gelas aqua plastik tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama para konsumen dan dapat menjadi solusi pengurangan pencemaran lingkungan oleh sampah plastik terutama gelas aqua plastik. 

Kata Kunci : Gelas Aqua Plastik, Daur Ulang. 




BAB I 

PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang 

Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan plastik akan terus menigkat, padahal sampah dari plastik cukup berbahaya bagi ingkungan karena sifat-sifatnya yang tidak dapat membusuk, tidak dapat menyerap air, maupun tidak dapat berkarat dan pada akhirnya menjadi masalah bagi lingkungan. Plastik merupakan 

Sampah plastik yang paling banyak digunakan terutamanya adalah sampah plastik yang berasal dari botol aqua atau aqua gelas. 


B. Perumusan Masalah 

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka permasalahan yang akan dibahas pada program ini yaitu : 

a. Bagaimana cara memanfaatkan sampah plastik seperti aqua plastik menjadi barang yang mempunyai nilai guna yang tinggi. 

b. Bagaimana proses pembuatan aqua plastik menjadi tudung nasi. 

c. Bagaimna cara memperoleh kentungan sebesar-besarnya minimal Rp. 150.000 dari penjualan tudung nasi tersebut. 


C. Tujuan 

Tujuan program yang hendak dicapai yaitu : 

a. Menumbuhkan kreatifitas dan jiwa kewirausahaan para masyarakat terutama para mahasiswa dengan memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang mempunyai nilai guna tinggi. 

b. Mengurangi pencemaran lingkungan terutama yang diakibatkan oleh gelas aqua plastik. 

c. Memberikan peluang usaha bagi masyarakat. 

d. Untuk mengetahui prospek usaha tudung saji plastik daur ulang yang terbuat dari gelas aqua plastik. 


D. Luaran Yang Diharapkan 

Luaran yang diharapkan dalam program ini adalah 

a. Terciptanya peluang usaha baru sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi seseorang. 

b. Semakin berkurangnya sampah-sampah plastik terutama dari gelas aqua plastik atau botol plastik yang dapat mencemari lingkungan. 


E. Kegunaan Program 

Adapun kegunaan program yang dimaksud adalah : 

a. Meningkatkan inovatif dan kreatifitas para mahasiswa ataupun masyarakat dalam menemukan hasil karya dari sampah plastik yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha. 

b. Memperkenalkan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan sampah plastik yang jika didaur ulang dapat menjadi peluang usaha baru, seperti barang yang kami buat yaitu gelas aqua plastik yang diolah menjadi tudung nasi. 




BAB II 

GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA 



A. Prosektif dan Keunggulan Usaha Penjualan Tudung Saji Karya Dalang (Daur Ulang) 

Tudung saji plastik karya dalang (daur ulang) ini mempunyai prospek yang sangat bagus karena sebenarnya tudung saji ini dapat digunakan untuk menudungi makanan lainnya dari lalat ataupun sebagainya. Lalat merupakan hewan yang dapat menyebarkan penyakit, yang biasanya disebarkannya melalui makanan-makanan yang dapat termakan para masyarakat dan dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit. Melalui tudung saji yang kami buat ini, kami berharap produk kami ini dapat bermanfaat bagi para masyarakat terutama para konsumen. Penjualan tudung saji ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha baru bagi yang mau berwirausaha karena tudung saji ini merupakan barang yang dibuat dari bahan yang sering ditemui dan bahkan hanya dibuang-buang sembarangan dan cara pembuatannya pun juga tidak terlalu sulit. Hasilnya pun sangat mempunyai banyak manfaat, selain untuk kebutuhan masyarakat juga untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Tudung nasi ini mempunyai beberapa keunggulan : 

1. Bahannya sangat mudah didapat dan tidak mengeluarkan biaya banyak. 

2. Dapat dijadikan sebagai alat untuk menudungi makanan agar makanan tidak dihinggapi lalat atau hal menggangu yang lainnya. 


B. Keterkaitan dengan produk lain termasuk perolehan bahan baku 

Perolehan bahan baku untuk pembuatan tudung saji plastik karya dalang (daur ulang) ini sangat mudah didapatkan dan sering ditemui. Bahan baku tudung saji plastik ini dapat diperoleh melalui membelinya kepada para pemungut botol atau gelas aqua plastik atau mengumpulkannya sendiri. 


C. Strategi Pemasaran Yang Akan Diterapkan 

Strategi pemasaran yang digunakan dalam usaha ini yaitu : 

1. Kebijakan Produk 

Usaha ini bergerak dalam bidang produksi dan distribusi. Jenis produk ini berupa tudung saji yang dibuat dari hasil daur ulang gelas aqua plastik. Barang ini akan dibuat semenarik mungkin agar dapat menarik para konsumen lebih banyak. 

2. Kebijakan Harga 

Harga yang berikan kepada konsumen sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. - 

3. Kebijakan Promosi 

Kami menjual barang ini dengan cara menawarkannya dan menjualnya langsung kepada para konsumen disuatu tempat. 

D. Rencana produksi dan penerimaan 

Selama dua minggu yang didalamnya terdapat satu minggu pembuatan, kemudian satu minggu pemasaran dan penjualan, total rencana produksi tudung nasi plastik karya dalang (daur ulang) ini adalah sebanyak 1 hari = - buah, jadi 2 minggu = - buah, dengan rincian dan harga yang diberikan sebagai berikut : 

Jumlah total penerimaan selama satu minggu yaitu = Rp. 



BAB III 

METODE PELAKSANAAN 


1. Persiapan 

a. Lokasi Produksi PKM-K 

Pada produksi Tudung saji karya dalang (daur ulang) ini dilakukan di rumah salah satu anggota kelompok 3. Produksi ini ditangani sendiri langsung. 

b. Alat dan Bahan 

Adapun alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan ini yakni : 



2. Proses Pembuatan Tudung Saji Karya Dalang (Daur Ulang) 

Cara pembuatan Tudung saji karya dalang (daur ulang) yakni sebagai berikut : 



3. Pemasaran 

Pemasaran barang ini dilakukan dengan cara menawarkannya secara langsung kepada masyarakat. Pemasaran ini 

4. Pelaporan 

Setelah dilakukan pemasaran, dapat dilaporkan semua hasil pelaksanaan PKM-K ini sudah terlaksana. Dan diharapkan bahwa diakhir kegiatan apabila ingin melanjutkan usaha ini dapat ditambahkan ide-ide kreatif lainnya yang dapat membuat barang ini menjadi lebih menarik dan juga membuat 


0 komentar:

Posting Komentar